SISTEM INFORMASI BERBASIS PENGETAHUAN

BAB I

PENDAHULUAN

Otomatisasi kantor merujuk pada semua alat dan metode yang diterapkan untuk kegiatan kantor yang memungkinkan untuk proses tertulis, visual, dan data suara dengan cara dibantu komputer.

Otomatisasi kantor ini dimaksudkan untuk memberikan unsur-unsur yang memungkinkan untuk menyederhanakan, memperbaiki, dan otomatis organisasi kegiatan dari suatu perusahaan atau sekelompok orang (pengelolaan data administrasi, sinkronisasi pertemuan, dll).

BAB II

PEMBAHASAN

Menimbang bahwa organisasi perusahaan memerlukan peningkatan komunikasi, otomatisasi kantor tidak lagi terbatas catatan tulisan tangan untuk sekedar menangkap. Secara khusus, juga mencakup kegiatan sebagai berikut:

* Pertukaran informasi
* Pengelolaan dokumen administrasi
* Penanganan data numerik
* Rapat perencanaan dan pengelolaan jadwal kerja

office suite Tools

The “office suite” merujuk pada semua program perangkat lunak yang memungkinkan untuk memenuhi kebutuhan kantor. Secara khusus, sebuah office suite karena itu mencakup program-program perangkat lunak berikut:

* pengolah kata
* spreadsheet
* alat presentasi
* database
* scheduler

office suite utama adalah:

* AppleWorks
* Corel WordPerfect
* IBM / Lotus SmartSuite
* Microsoft Office
* Sun StarOffice
* OpenOffice (freeware)

Sistem Pakar (Expert System)

adalah program komputer yang berasal dari cabang ilmu komputer yang disebut penelitian Artificial Intelligence (AI). Tujuan ilmiah AI adalah untuk memahami kecerdasan dengan membangun program-program komputer yang memperlihatkan perilaku cerdas. Hal ini berkaitan dengan konsep dan metode inferensi simbolik, atau penalaran, oleh komputer, dan bagaimana pengetahuan yang digunakan untuk membuat kesimpulan tersebut akan diwakili di dalam mesin.

Tentu saja, istilah kecerdasan meliputi keterampilan kognitif, termasuk kemampuan untuk memecahkan masalah, belajar, dan memahami bahasa; AI alamat semua itu. Tapi kemajuan paling hingga saat ini dalam AI telah dilakukan di daerah pemecahan masalah – konsep dan metode untuk membangun program yang alasan tentang masalah daripada menghitung solusi.

AI program yang mencapai kompetensi tingkat ahli dalam menyelesaikan masalah di daerah tugas dengan membawa menanggung tubuh pengetahuan tentang tugas-tugas tertentu disebut sistem berbasis pengetahuan atau ahli. Seringkali, istilah sistem pakar program yang dicadangkan untuk basis pengetahuan berisi pengetahuan yang digunakan oleh para ahli manusia, berbeda dengan pengetahuan yang dikumpulkan dari buku teks atau non-ahli. Lebih sering daripada tidak, dua istilah, sistem pakar (ES) dan sistem berbasis pengetahuan (KBS), digunakan secara sinonim. Secara bersama-sama, mereka mewakili jenis yang paling luas aplikasi AI. Bidang usaha intelektual manusia yang akan diambil dalam suatu sistem pakar disebut domain tugas. Tugas mengacu pada beberapa kegiatan, tujuan berorientasi pemecahan masalah. Domain adalah wilayah di mana tugas yang sedang dilakukan. tugas-tugas khas adalah diagnosis, perencanaan, penjadwalan, konfigurasi dan desain. Satu contoh dari suatu domain tugasnya adalah awak pesawat penjadwalan, yang dibahas di Bab 2.

Membangun sistem pakar ini dikenal sebagai pengetahuan teknik dan insinyur pengetahuan praktisi disebut. Insinyur pengetahuan harus memastikan bahwa komputer memiliki semua pengetahuan yang dibutuhkan untuk memecahkan masalah. Insinyur pengetahuan harus memilih satu atau lebih bentuk di mana untuk mewakili pengetahuan yang diperlukan sebagai pola simbol dalam memori komputer – yaitu, dia (atau dia) harus memilih representasi pengetahuan. Ia juga harus memastikan bahwa komputer dapat menggunakan pengetahuan secara efisien dengan memilih dari beberapa metode penalaran. Praktek pengetahuan teknik dijelaskan kemudian. Kami pertama-tama menggambarkan komponen-komponen sistem pakar.

BAB III

KESIMPULAN

Setiap sistem pakar terdiri dari dua bagian utama: basis pengetahuan, dan penalaran, atau inferensi, mesin.

Basis pengetahuan sistem pakar berisi pengetahuan faktual dan heuristik. pengetahuan faktual adalah bahwa pengetahuan dari domain tugas yang banyak berbagi, biasanya ditemukan di buku teks atau jurnal, dan umumnya disepakati oleh orang-orang berpengetahuan di bidang tertentu.

SUMBER : http://geelol.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: